Jenis Jenis Timbangan Digital Kelebihan Timbangan Digital


Timbangan merupakan salah satu dari banyak nya alat yang dibuat untuk tujuan memudahkan dalam mengukur suatu barang atau produk baik itu yang di kelola maupun barang yang akan di pasarkan, biasanya timbangan ini terdapat dua jenis yang cukup di minati di masyarakat. Khususnya mereka seperti pedagang yang dapat memilih 2 timbangan baik timbangan manual dan timbangan digital. Timbangan digital memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu timbangan lantai,Timbangan Digital Perhiasan dan timbangan gantung. Diantara kedua jenis timbangan ini terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan, apa saja kekurangan itu? Baik kita bahas terlebih dahulu mengenai :

  1. Kelebihan dan kekurangan Timbangan Manual

Pada hakekatnya timbangan manual ada timbangan yang pertama kali hadir untuk menunjang kegiatan mengukur segala kebutuhan seperti untuk berdagang, menimbang barang, atau di gunakan sebagai alat analisa yang sering kita jumpai di tempat pos layanan terpadu (POSYANDU) atau pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS) yang sering menggunakan timbangan manual.

Kelebihan Timbangan Manual

Salah satu kelebihan timbangan manual adalah bahan pembuatannya yang menggunakan material seperti besi, kuningan yang terbilang lebih berat dan juga kokoh. Namun tetap harus berhati hati jika menggunakan timbangan ini. Karena terbilang mudah sekali rusak dan timbangan tidak sesuai dengan neraca keseimbangan saat di gunakan.

Kekurangan Timbangan Manual

Sayangnya timbangan manual ini memiliki banyak sekali kekurangan dan juga sangat mudah menjadi alat yang dapat di gunakan sebagai alat pengukur yang dapat di curangi. Hal ini terbukti, jika timbangan manual ini menjadi salah satu sasaran pedagang yang tidak jujur dalam hal menimbang barang pedagang.

Dalam hal menimbang pun timbangan manual ini terbatas dalam hal menggunakan ukurannya karena biasanya timbangan manual ini menggunakan anak timbangan sebagai tolak ukur yang terbatas, untuk anda yang menggunakan timbangan manual ini tidak dapat mengukur barang yang terbilang spesifik karena terbatas dengan anak timbangan.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Timbangan Digital

Berbeda sekali dengan timbangan digital yang memberikan anda sesuatu yang berbeda dengan banyaknya perubahan yang lebih menunjang dari timbangan manual, pasalnya timbangan digital ini berbasis alat elektronik yang di rancang untuk mempermudah kegiatan menimbang anda.

Selain itu timbangan digital ini pula sama halnya dengan timbangan manual, yang terdiri dari beberapa macam timbangan yang dapat di sesuaikan dengan segala kebutuhan anda dalam mengukur barang barang yang ingin di ketahui berat bebannya.

Kekurangan Timbangan Digital

Timbangan digital terbilang hanya memiliki satu kekurangan dalam pemasarannya, yaitu harga yang di tawarkan timbangan digital sedikit lebih mahal dari timbangan manual. Hal ini tentu saja sangat wajar mengingat timbangan ini terdapat beberapa fitur fitur premium yang sangat menunjang dalam pengoperasian, duduk maupun lantai digital tersebut seperti timbangan emas ,Farmasi dll

Kelebihan Timbangan Digital

Timbangan digital benar benar di rancang untuk mempermudah kegiatan menimbang anda, baik untuk berjualan atau untuk kebutuhan pribadi dalam menimbang barang barang di rumah. Namun yang perlu anda ketahui, timbangan digital di berlakukan beberapa fitur yang di sematkan, beberapa fitur tersebut memiliki akurasi yang sangat spesifik dengan menggunakan satuan ukur gram yang dapat memberikan anda akurasi ketepatan yang lebih maksimal daripada menggunakan timbangan manual.

Bagikan informasi ini

Tinggalkan Komentar?

Tinggalkan Balasan

Digital Tensi Meter

Untuk Pembelian Langsung

Kami Hadir Juga di

Beli di Tokopedia

error: Content is protected !!